[Resep dari Manga] Chakin Sushi Style Souffle Omuraisu

Updated! Originally published on November 4, 2014

Ada yang suka baca manga tentang masak-memasak? Saya termasuk penggemar komik-komik Jepang dengan tema kuliner seperti ini. Ciri khasnya adalah cerita yang sedikit lebay untuk shounen atau seinen cooking manga (misalnya Addicted to Curry) atau heroine yang nggak becus masak (biasanya nggak becus dalam bidang-bidang lain juga) dan pingin membuat cowok gebetannya terkesan dengan masakan.

Sejauh ini saya sudah membaca beberapa beberapa cukup banyak manga bertema kuliner. Ada Addicted to Curry, Cooking Master Ajinosuke, Yakitate!! Japan, Cooking Master Boy, Cooking Papa, Kitchen Princess, Hopper and Yummy’s Kitchen, dll. Rencananya nanti mau saya buatkan listopia tersendiri, khusus buat manga kuliner yang disertai resep.

Meskipun ceritanya sederhana dan cenderung konyol, tetapi manga seperti ini selalu menarik bagi saya, karena taburan gambar dan deskripsi makanan lezat di dalamnya. Kadang ada pula resep makanan yang dicantumkan untuk pembaca. Biasanya yang dicantumkan memang resep-resep sederhana (dengan asumsi pembaca manga itu pemula dalam masak-memasak). Kadang komik non-kuliner seperti Hai, Miiko juga menampilkan resep masakan.

Dari resep-resep itu ada beberapa yang menurut saya layak dicoba. Misalnya pancake yang dimasak dengan rice cooker/magic jar di Yakitate!! Japan. Yak, benar. Pakai rice cooker, bukan oven. Hasilnya seperti ini.

Photo by Rocketnews24
Photo by Rocketnews24

Bagi yang mau coba resep turunannya, silakan klik gambarnya. Resep roti yang dibuat dengan microwave juga ada, lho.

Addicted to Curry menampilkan resep-resep kari yang bikin ngiler di setiap chapter. Ada kari India, kari hijau Thailand, kari udang, kari Jepang, pokoknya banyak dan enak-enak.

Resep-resep super simpel dari shoujo manga juga lumayan menarik. Kemarin saya iseng mempraktikkan dua di antaranya, yaitu carrot potage (Hanamaru’s Kitchen) dan Omuraisu (Hanamaru’s Kitchen dan Delicious!). Sedikit modifikasi, sih. Tapi hasilnya memang asli enak.

Ini tampilan souffle omelette (omelette yang teksturnya lembut, empuk, dan bervolume) dari Hanamaru’s Kitchen.

Souffle Omelette. Photo: Hanamaru's Kitchen
Souffle Omelette. Photo: Hanamaru’s Kitchen

Dan ini omuraisu alias omelette rice dengan penyajian bergaya chakin sushi dari Delicious!

Photo by Tantri Taken from Delicious! manga by Yui Ayumi & Miyuki Kobayashi
Chakin Sushi Style Omelette. Photo: Delicious! manga by Yui Ayumi & Miyuki Kobayashi

Saya bagi resep omelette-nya yang dari Hanamaru’s Kitchen, ya.

Souffle omelette

Bahan:
-2 butir telur
-garam dan lada
-1 lembar bacon
-1 batang asparagus
-1 sdm jagung manis
-1/2 buah tomat
-15 gr keju
-1 sdm minyak sayur
-mentega secukupnya

Cara membuat:
-Bacon, asparagus, keju,dan tomat dipotong kecil-kecil.

-Pecahkan telur dalam mangkuk, tambahkan garam dan lada. Kocok beberapa menit sampai berbusa.

-Tumis bacon dan asparagus dengan minyak. Tambahkan tumisan, jagung, dan keju ke dalam adonan telur.

-Panaskan minyak di penggorengan dengan api sedang. Goreng telur. Begitu telur agak matang, kecilkan api.

-Masak telur sampai matang lalu sajikan dalam keadaan terlipat.

Omelette Rice

Bahan (untuk 1 buah):
-1 porsi nasi
-25 gram dada ayam
-1/4 buah bawang ombay
-1/4 buah wortel
-100 gram kacang polong
-1 sdm mentega
-2 sdm saos tomat
-garam
-merica
-1 buah telur
-minyak goreng

Cara membuat:
-Rendam kacang polong dengan air panas yang diberi sedikit garam. Tiriskan.

-Cincang bawang ombay dan wortel. Potong ayam kotak-kotak. Tumis ayam, wortel, dan bawang bomay dengan mentega sampai berubah warna. Tambahkan nasi dan saos tomat. Aduk rata. Beri garam dan merica. Tambajkan kacang polong. Aduk rata hingga matang.

-Kocok telur, tambahkan sedikit garam. Buat dadar telur tipis di wajan dengan api kecil. Masak kedua sisi telur dadar hingga matang.

-Bungkus nasi goreng dengan telur dadar membentuk kotak. Balikkan telur di piring. Kemudian buat 2 sayatan menyilang dengan pisau.

Saya coba bikin omuraisu dengan memadukan kedua resep di atas. Jadi telur dikocok lebih dari lima menit (sampai agak berbusa+ditambahi 2 sdm air dan dikocok lagi), terus ditambahi cincangan wortel. Hasilnya memang telur dadar jadi lembut sekali. Enak, deh. Terus nasinya nggak ditumis pake saos tomat, karena saya nggak terlalu suka saos.

Ini, nih, penampilan omuraisu pertama bikinan saya.

Photo by Tantri
Photo by Tantri

Dan ini tampilan setelah praktik untuk kesekian kalinya.

Kalau yang ini dibuat pake satu butir telur, dikocok sampai berbusa (ditambah 2 sendok air biar lembut), terus dikocok lagi. Ditambah irisan daun bawang sama wortel. Hasilnya lembut banget dan enak. Nasinya nggak pakai saos, karena saya kurang suka rasa saos. Cuma ditumis pakai bawang putih, daun bawang, dan garam.

Itu tadi hasil eksperimen dari resep di cooking manga ala Tantri. Besok-besok masih mau coba bikin yang puding teh hijau sama bread tart.

7 thoughts on “[Resep dari Manga] Chakin Sushi Style Souffle Omuraisu

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.