[Ask The Readers] Ada yang Tahu Judul dan Penulis Buku Ini?

Di posting-an kali ini saya tidak mengulas buku atau film yang diangkat dari buku. Juga bukan mau cerita-cerita soal soal hobi membaca. Kali ini saya kepingin tanya tentang sebuah buku yang sudah saya cari selama bertahun-tahun. Barangkali ada pembaca yang bisa membantu saya mengingat judulnya. Lebih bagus lagi kalau sekalian diberi tahu nama penulisnya.

Ada satu buku yang pernah saya baca di zaman kuliah. Saya cuma baca sekali dan itu pun selesai dalam waktu kurang dari sehari, karena memang tipis sekali. Tapi saya terkesan dengan plot twist-nya yang tak terduga. Itu adalah pertemuan pertama saya dengan plot twist dalam novel bergenre metropop. Biasanya saya menemukan kejutan seperti ini dari genre thriller atau misteri. Saya kepingin membaca buku itu sekali lagi, kalau bisa sekalian dikoleksi. Atau setidaknya menulis review yang pantas untuk buku itu. Sementara googling pun tidak menghasilkan apa-apa, karena ingatan saya tentang buku itu memang sangat terbatas.

Novel yang saya maksud ini ditulis oleh pengarang Indonesia. Sepertinya rilis pada masa-masa kejayaan chicklit macam Bridget Jones’ Diary. Saya ingat waktu itu chicklit Indonesia baru mulai tumbuh. Istilah metropop masih belum terlalu familiar atau malah belum dikenal. Beberapa novel yang mengusung angst kental seperti Subject: Re dan Mel, Loe Nyari Cinta atau Duit, sih? pun masih diberi label chicklit dengan ambigunya. (Judul yang terakhir saya sebut tadi memang norak, tapi ceritanya bagus banget, kok).

Nah, kembali lagi ke novel misteri saya. Buku ini juga mengusung setting dan dialog khas metropop, tapi tone-nya lebih gelap. Ceritanya tentang sepasang sahabat, cowok dan cewek. Si wanita bernama Melly, sementara prianya saya lupa. Keduanya bekerja sebagai penyiar di stasiun radio yang sama.

Melly dan si pria sama-sama punya daftar mantan yang panjang. Saya lupa apakah si Melly ini bikin patah hati banyak pria atau malah dia yang terlalu sering dipermaikan lelaki. Sementara si prianya adalah gay, punya sederet pacar cowok yang cuma dia jadikan sebagai pelampiasan. Preferensinya adalah pria-pria bertampang chubby.

Ceitanya disampaikan melalui sudut pandang Melly dan si pria secara bergantian. Konflik utamanya adalah persoalan asmara masing-masing. Pada klimaksnya, Melly merasa benar-benar kalut dan bersimpuh di depan cermin besar. Namun sosok yang memandang balik kepadanya dari cermin adalah bayangan si pria.

Ternyata si Melly ini cuma kepribadian lain di dalam diri si pria. Bahkan nama Melly pun sebenarnya diambil dari nama tengah si pria. Sementara percakapan yang mereka lakukan sejak halaman pertama sebenarnya cuma monolog si pria dengan dirinya sendiri.

Iya, seseru itulah novel ini. Makanya itu, please, ada yang tahu judul dan nama pengarangnya?

4 thoughts on “[Ask The Readers] Ada yang Tahu Judul dan Penulis Buku Ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.