2013’s Reading Challenge Books In English: Master Post

Yup, ini pertama kalinya aku ikut reading challenge di luar Goodreads. Dan dari semua challenge yang muncul di Bulan Januari, aku pilih Reading Challenge Books In English punyanya Mbak Peni karena masih mungkin kesampaian (baru masih :)). Btw, yang belum ikutan, ikut juga yah biar tambah rame & seru challenge-nya.

Aku juga masih baru mulai rajin baca-baca novel bahasa Inggris. Baru mulai empat bulan ini. Buku bahasa Inggris pertama yang aku baca itu kumpulan cerpen Jepang yang judulnya The Square Persimmon pas SMA. Bacanya lama banget sampai harus difotokopi karena denda di perpustakaannya udah numpuk. Yang kedua Twilight saga pas film pertamanya baru booming. Niat banget ngeprint ebook-nya karena jereng plus pusing baca buku bahasa Inggris di komputer. Yang ketiga The Lost Symbols-nya Dan Brown. Bukunya tebel banget, pinjem di Perpustakaan Umum Kota Malang tahun lalu. Bukan sengaja pinjem yang bahasa Inggris sih. Cuma yang edisi Indonesia lagi dipinjem jadi terpaksa ambil yang keminggris tadi. Sejauh ini prestasi membaca novel bahasa Inggris terbaikku adalah Perfect Chemistry dalam dua hari. Memang bukan hard reading tapi lumayan bikin pe-de bisa baca lebih dari 12 buku asing dalam setahun J

 Ini buku yang udah masuk antrian bacaku di tahun 2013:

1.       Gabriel’s Rapture (Gabriel’s Inferno #2)Sylvain Reynard

Gabriel's Inferno

Baru selesai baca nomer satunya, Gabriel’s Inferno dan cukup terkesan. Jadi aku sama sekali nggak keberatan buat baca lanjutan lika-liku percintaan Gabriel & Julia. Dari Inferno aku jadi tahu tentang The Divine Comedy-nya Dante, terutama yang bagian Inferno; kisah tragisnya Francesca daRimini & Paolo Malatesta; dan cinta terlarang Pierre Abelard & Heloise D’Argenteuil (You can read my complete review about it here). Nanti kita lihat hal baru apalagi yang bisa dipelajari dari Rapture.

2.       Thoughtless-S.C. Stephens

thoughtless

Aku jarang baca YA romance, kecuali Perfect Chemistry Trilogy. Alasanku pingin coba baca Thoughtless karena nemu buku ini di GR Listopia: Cheap but worth reading e-book.

3.       Fifty Shades Darker (Fifty Shades #2)-E.L. James

50 shades darker

Sebenernya nggak terlalu semangat buat baca lanjutan BDSM relationship-nya Ana & Christian ini. Aku, sama seperti kebanyakan reviewer Indonesia yang baca Fifty Shades of Grey, kesulitan menyelesaikan buku itu karena darimana pun aku berusaha cari, hampir nggak bisa nemu sisi menariknya buku ini (selain info soal BDSM-nya). Tapi karena ini merupakan bagian dari trilogi, dan aku selalu merasa bertanggungjawab untuk menyelesaikan semua buku dalam sebuah trilogi atau saga, jadi tetep bakal aku coba baca. Siapa tahu ada peningkatan dari segi penulisan dari buku pertama.

4.       Fifty Shades Freed (Fifty Shades #3)-E.L. James

50 shades freed

Alasan yang sama dengan buku nomer 3.

5.       The Vampire Lestat (Vampire Chronicles #2) -Anne Rice

vamp lestat

Aku udah lama mulai baca seri ke-2 Vampire Chronicles ini tapi nggak maju-maju dari halaman 10. Moga-moga dengan ikut reading challenge jadi lebih semangat bacanya nanti. Alasan baca ceritanya si Lestat (satu-satunya peran Tom Cruise yang aku suka) karena aku suka banget film & bukunya Interview With The Vampire. Aku juga suka Queen of the Damned yang Lestat-nya udah diganti Stuart Townsend dan mendadak jadi rocker. Karena dua judul tadi adalah seri pertama dan ketiga dari Vampire Chronicles, jadi wajar donk kalau harus baca yang nomer dua juga.

Lagian Sherina (iya, yang main Petualangan Sherina itu) pernah bikin statement kalau dia nggak suka baca Twilight karena buku itu serasa kebanting kalau dibandingin sama Vampire Chronicles. Makanya itu, kalau ada waktu aku bakal coba baca semua bukunya Vampire Chronicles (12 buku) dan buktiin bener apa nggak omongannya Sherina tadi.

6.       Showtime (Marvelle Circus #1)Chloe Kayne

showtime

Aku baru mau dikirimin ebook-nya sama Chloe Kayne. Ditawarin buat review buku ini karena ikut undian giveaway-nya di Goodreads. Sayang paperback giveaway-nya gak menang. 😦

7.       Almost-Ann Eliot

almost

Kalo buku ini baru dikasih sama Putri Utama, owner-nya Celoteh Putri Tentang Buku . Thanks a lot, ya, Putri.

Buku ini bercerita tentang remaja yang ‘hampir’ diperkosa dan mengalami Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) karena kejadian itu. Konfliknya seputar insensitivitas lingkungan sekitarnya si korban terhadap trauma yang dia alami. Alasannya karena cuma ‘almost get raped’. Padahal yang namanya pelecehan seksual kan di mana-mana traumatis. Perlu nih dibaca buat pemebelajaran.

Alasan pingin baca ini sih karena belakangan ini suka browsing tentang trauma pasca pemerkosaan dan jadinya nyadar kalau banyak banget yang aku nggak tahu (padahal perlu banget buat tahu) tentang pemerkosaan. Gara-garanya baca manga Second Rape-nya Kanan Minami yang bikin mataku terbuka tentang pentingnya pemahaman mengenai pemerkosaan, supaya kita nggak bersikap men-judge atau kurang sensitif terhadap para korban pemerkosaan. Manga itu nyeritain tentang anak SMA yang jadi korban date rape, trus kena rape trauma syndrome yang ternyata adalah bentuk kompleks dari PTSD alias lebih parah dari lagi daripada PTSD, dan makin trauma lagi karena ngalamin secondary victimization. Nggak tau kan apa artinya? Makanya coba baca Second Rape, ya? Trus baca Almost.

Kalau yang ini dapet dari Goodreads giveaway dan masih nunggu dikirim:

8.        VelocitySteve Worland

velocity

Ini giveaway ke-2 yang aku menangin dari Goodreads. Karangan penulis dari Australia. Ceritanya tentang konflik gitu. Kayaknya bagus. Lagian pernah dipuji sama Hugh Jackman (God, I’m such a narrow-minded, so easily impressed by celebrities comments).

9.       The Almond TreeMichelle Cohen Corasanti

almond tree

Ini giveaway yang ke-3. Ceritanya tentang anak yang besar di tengah konflik Israel-Palestina. Ini juga banyak yang bilang bagus. Kayaknya bikin nangis, sih. Tapi biasanya aku memang suka cerita semacam ini.

10.   Shark & The Wolf: Predators & PreyDaniel D. Shields

shark predator

Kalau ini giveaway nomer 4, menangnya masih lumayan baru jadi nggak tahu kapan dikirimnya. Katanya semacam perpaduan antara Indiana Jones & The Hunger Games. Kita lihat aja nanti ya bagus atau nggak.

11.   Dangerous MemoriesAngi Morgan

dangerous memories

Ini baru menang kemarin-kemarin ini. Jarang banget menang buku yang kayak gini. Tapi memang menang Goodreads giveaway-nya juga baru lima kali sih. 🙂

Ini yang lagi dibaca sekarang:

12.   Bared to YouSylvia Day

bared to you

Buku ini sering banget masuk GR listopia bareng Fifty Shades of Grey, Beautiful Disaster, & Gabriel’s Inferno. Sejauh ini yang beneran bagus baru Gabriel’s Inferno. Aku baca seperempat buku: memang steamy & seksi, tapi kok rasanya kayak baca Fifty Shades ya. Apalagi karakternya Gideon Cross memang mirip-mirip sama Christian Grey.  Once again, we’ll see my final opinion when I finish the book later.

13.   Dark Side of ValorAlicia Singleton

13074551

Ini juga menang dari Goodreads. Giveaway pertama yang aku dapet. Rasanya seneng banget pas tahu menang. Apalagi pas bukunya nyampe. Autographed paperback, kertasnya tebel, dan dikasih personal note pula sama Alicia Singleton. Bahagianya..

Btw, buku ini ceritanya tentang Lelia Freeman, pengacara yang mengkhususkan diri pada anak-anak bermasalah. Dia sendiri dulunya broken home & lari dari rumah. Aku baru mulai nyampe bagian serunya. Lelia terjebak dalam konspirasi antara pemerintah Sudania & Amerika yang terselebung dalam bantuan kemanusiaan untuk anak-anak korban perang saudara. Dia diculik presiden Sudania, dibawa ke negaranya, dan menyaksikan langsung kekejaman yang dialami anak-anak dan para wanita di sana. Belum ketemu hero-nya nih. Pasti tambah seru kalau udah ketemu Elijah. J

Nggak gampang baca buku ini karena pemilhan kata Singleton yang susah-susah. Ceritanya gelap dan bikin sedih dari awal. Tapi memang beneran worth reading.

Masih kurang banyak, ya? Nggak apa-apa, deh. Punyanya masih tiga belas  itu. Nanti juga sambil jalan bisa nambah banyak yang mau dibaca. Atau ngaduk-aduk Perpus Kota lagi. Biasanya di sana ada aja buku bagus yang tiba-tiba muncul.

So, that’s all for now. Goodluck for the other contestants. Let’s read.. J

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.