[Review Buku] Perfect Chemistry Trilogy

Perfect Chemistry Trilogy - Simone Elkeles
Perfect Chemistry Trilogy – Simone Elkeles

Judul: Perfect Chemistry (Perfect Chemistry #1)
Penulis: Simone Elkeles
Bahasa: Inggris
Format: ebook, 357 hal.
Penerbit: Walker & Company (2010)
Genre: Fiksi, contemporary romance, young adults, realistic fiction, drama
Setting: Fairfield, Chicago, Illinois (Amerika Serikat)

Judul: Rules of Attraction (Perfect Chemistry #2)
Penulis: Simone Elkeles
Bahasa: Inggris
Format: ebook, 336 hal.
Penerbit: Walker & Company (2010)
Genre: Fiksi, contemporary romance, young adults, realistic fiction, drama
Setting: Boulder, Colorado (Amerika Serikat)

Judul: Chain Reaction (Perfect Chemistry #3)
Penulis: Simone Elkeles
Bahasa: Inggris
Format: ebook, 360 hal.
Penerbit: Walker & Company (2011)
Genre: Fiksi, contemporary romance, young adults, realistic fiction, drama
Setting: Fairfield, Chicago, Illinois (Amerika Serikat)

Sinopsis

 Perfect Chemistry (Perfect Chemistry #1)

Perfect Chemistry (Perfect Chemistry #1) - Simone Elkeles. Photo credit: Amazon
Perfect Chemistry (Perfect Chemistry #1) – Simone Elkeles. Photo credit: Amazon

Brittany Ellis memiliki segalanya. Ia cantik, pintar, kaya, anggota tim cheerleader, dan memiliki pacar yang populer. Sementara itu Alex Fuentes adalah anggota gangster berdarah Mexico yang selalu terlibat masalah. Tak seperti yang tampak dari luar, kehidupan Brittany dipenuhi  masalah yang terlalu banyak untuk seorang remaja berusia 18 tahun.

Sedangkan Alex yang berandalan sebenarnya terpaksa terjun ke dunia hitam dan melepaskan cita-citanya demi melindungi ibu serta kedua adiknya. Saat mereka dipaksa menjadi partner lab di kelas Kimia, Brittany merasa inilah akhir dari kehidupan “sempurna” yang berusaha ia pertahankan selama ini.

Alex Fuentes dan Brittany Ellis. Photo credit: YouTube/Enomis Entertainment
Alex Fuentes dan Brittany Ellis di official book trailer Chain Reaction. Photo credit: YouTube/Enomis Entertainment

Sedangkan bagi Alex, inilah kesempatan untuk memenangkan taruhan guna mendapatkan Brittany, sang primadona sekolah yang memandang sebelah mata kepadanya.

Akankah Brittany jatuh dalam pelukan sang gangster dan melepas Colin Adams, sang kapten tim football? Saat dua unsur yang bertolak belakang mulai bereaksi, tak ada yang tahu apa yang bisa terjadi.

Rules of Attraction (Perfect Chemistry #2)

Rules of Attraction (Perfect Chemistry #2) - Simone Elkeles. Photo credit: Amazon
Rules of Attraction (Perfect Chemistry #2) – Simone Elkeles. Photo credit: Amazon

Ketika Carlos Fuentes kembali ke Amerika setelah menetap di Mexico selama setahun, sang kakak, Alex  menempatkannya di sebuah sekolah teladan di Boulder, Colorado. Carlos membenci kehidupan baru yang dipaksakan Alex kepadanya, karena ia merasa tempat paling sesuai baginya adalah di Chicago bersama komunitas selatan Fairfield dan Latino Blood.

Carlos menikmati bahaya dan bertekad untuk menjalani hidup dengan aturannya sendiri seperti Alex dulu. Lalu ia bertemu dengan Kiara Westford. Kiara jauh dari tipe gadis yang disukai Carlos, sementara perilaku Carlos yang liar membuat Kiara merasa terganggu.

Tetapi pertengkaran demi pertengkaran yang mereka lalui membuat Carlos dan Kiara semakin menyadari perasaan satu sama lain. Satu-satunya masalah, Carlos merasa bahwa ia tidak cukup berharga untuk Kiara.

Kiara Westford & Carlos Fuentes di official book trailer Rules of Attraction. Photo credit: Enomis Entertainment
Kiara Westford & Carlos Fuentes di official book trailer Rules of Attraction. Photo credit: Enomis Entertainment

Ia juga khawatir masa lalunya bersama Latino Blood yang masih mengejarnya akan membahayakan hidup Kiara. Yang tidak Carlos ketahui adalah bahwa Kiara mencintainya dan bertekad menerima Carlos apa adanya, tak peduli sekelam apa masa lalunya.

Chain Reaction (Perfect Chemistry #3)

Chain Reaction (Perfect Chemistry #3) - Simone Elkeles. Photo credit: Amazon
Chain Reaction (Perfect Chemistry #3) – Simone Elkeles. Photo credit: Amazon

Seperti kakak-kakaknya, Luis Fuentes suka menantang bahaya. Sementara itu Nikki Cruz menjalani hidupnya dengan motto berikut; jangan pernah mempercayai pemuda yang berkata “Aku mencintaimu” kepadamu, para pemuda selalu berdusta untuk mencapai tujuan mereka, dan jangan pernah berkencan dengan pemuda dari daerah selatan Fairfield.

Mereka bertemu pada usia 15 tahun di pernikahan kakak Luis, Alex. Sebuah insiden kecil hari itu membuat keduanya tidak bisa melupakan satu sama lain. Tiga tahun kemudian, Luis & Nikki bertemu kembali.

Nikki Cruz (Krislian Rodriguez) dan Luis Fuentes (Gabriel Chavarria). Photo credit: Fanpop

Nikki tidak bisa mengingkari ketertarikan di antara dirinya dan Luis. Sementara itu, Luis berusaha keras untuk membuka hati Nikki yang membeku karena trauma. Ketika segalanya mulai berjalan lancar, Luis mendapati dirinya menjadi dalam cengkeraman Chuy, pimpinan Latino Blood yang hampir menghancurkan hidup kedua kakaknya.

Seolah keadaan masih belum cukup buruk, kemudian Luis mengetahui sebuah rahasia yang membuatnya hancur. Dan kali ini giliran Nikki yang harus menyelamatkan Luis dari kelamnya dunia hitam dengan cintanya, karena kemungkinan besar Luis tidak akan mampu keluar dari tantangan bahaya di dalam sana hidup-hidup.

Para Tokoh

Perfect Chemistry

Alexander F Rodriguez sebagai Ales Fuentes
Alexander F Rodriguez sebagai Alex Fuentes. Photo credit: Enomis Entertainment

Alex Fuentes
Played by: Alexander F. Rodriguez

Alex yang berandalan sebenarnya adalah pemuda yang sangat cerdas, terutama dalam pelajaran sains. Pemuda bernama lengkap Alejandro Fuentes ini membuang cita-citanya karena terlibat dengan Latino Blood telah menutup masa depannya. Sebagai anak tertua, Alex merasa bertanggungjawab terhadap ibu dan adik-adiknya. Ia tidak ingin Carlos & Luis mengikuti jejaknya sebagai gangster, karena itu kadang mereka merasa Alex terlalu ikut campur dalam hidup mereka.

Brittany Ellis
Played by: Ashlee Fox

Brittany adalah tipe gadis sempurna yang membuat terpesona setiap pemuda dan membuat iri setiap gadis di sekolah. Tak seperti dugaan semua orang, gadis seksi ini sesungguhnya hanya remaja biasa dengan setumpuk masalah yang bahkan tak bisa dibayangkan teman-temannya. Brittany lelah dengan topeng sosial yang harus dikenakannya setiap waktu.

Rules of Attraction

Carlos-Fuentes-Giancarlo-Vidrio-perfect-chemistry-30844442-540-720
Giancarlo Vidrio sebagai Carlos Fuentes

Carlos Fuentes
Played by: Giancarlo Vidrio

Carlos adalah playboy dengan perilaku liar yang selalu menarik perhatian gadis-gadis. Ia bangga dengan reputasi buruknya dan ingin mengikuti jejak Alex sebagai anggota Latino Blood. Carlos sengaja bersikap buruk kepada orang-orang yang peduli kepadanya karena tidak ingin diatur oleh siapapun. Walaupun begitu, Carlos sangat protektif terhadap keluarganya. Carlos dikenal sebagai anggota keluarga Fuentes yang paling temperamental.

Catesby Bernstein sebagai Kiara Westford. Photo credit: Moviespictures.org
Catesby Bernstein sebagai Kiara Westford. Photo credit: Moviespictures.org

Kiara Westford
Played by: Catesby Bernstein

Kiara yang tidak populer dan sering gagap sering merasa rendah diri. Kiara adalah gadis yang cerdas, sporty, sinis, dan tidak suka terlibat masalah. Tetapi di sisi lain ia juga bisa bersikap jahil dan pemberani. Gadis yang hobi mendaki gunung ini sangat perhatian dan penuh kasih kepada orang-orang yang disayanginya.

Chain Reaction

Gabriel Chavarria sebagai Luis Fuentes. Photo credit: Gopixpic.com
Gabriel Chavarria sebagai Luis Fuentes. Photo credit: Gopixpic.com

Luis Fuentes
Played by: Gabriel Chavarria

Luis dikenal sebagai Fuentes yang paling penurut. Ia tidak suka berbuat onar seperti kakak-kakaknya dan rajin dalam pelajaran sekolah maupun pekerjaan. Walaupun begitu, Luis juga suka mengambil risiko dan playboy. Ia juga memiliki sifat romantis melebihi Alex. Luis adalah pribadi yang sensitif. Ia sering merasa Alex & Carlos terlalu melindunginya.

Nikki Cruz
Played by: Krislian Rodriguez

Krislian Rodriguez sebagai Nikki Cruz. Photo credit: Enomis Entertainment
Krislian Rodriguez sebagai Nikki Cruz. Photo credit: Enomis Entertainment

Nikki yang berdarah Mexico dibesarkan dengan cara Amerika sehingga ia tidak mengenal budaya Latin sama sekali. Ia adalah gadis yang cantik, seksi, dan popular di antara teman-temannya yang berkulit putih. Nikki sedikit tertutup dan memiliki pandangan yang negatif terhadap laki-laki karena ia pernah dicampakkan saat hamil pada usia 15 tahun. Lalu Nikki mengalami keguguran yang hampir merenggut nyawanya. Peristiwa itu membuatnya trauma.

Review

Jujur saya memang tidak bisa memberikan komentar yang objektif mengenai ketiga buku ini. Soalnya saya kesan saya terhadap trilogi Perfect Chemistry sudah lebih dulu tercemar dengan book trailer-nya. Dan book trailer memang cara yang efektif untuk mempromosikan suatu buku. Sebuah langkah yang cerdas bagi para penerbit dan penulis buku fiksi.

Fuentes brothers. Photo credit: Fanpop
Fuentes brothers. Photo credit: Fanpop

Buku pertama yang saya baca dari trilogi ini adalah Perfect Chemistry. Kesan saya saat itu biasa-biasa saja. Karakter seperti Brittany, cheerleader pirang dan baik hati yang sempurna di luar tapi bermasalah di dalam menurut saya sudah agak basi. Alex Fuentes juga bukan tipe karakter favorit saya dalam novel romance. Tapi cerita gangster Mexico-nya memang menarik.

Buku kedua yang saya baca adalah Chain Reaction, karena reviewer di Goodreads kebanyakan lebih menyukai Chain Reaction daripada seri keduanya, Rules of Attraction. Dan memang saya lebih menyukai kisah Luis yang adorable bad boy dan Nikki yang sinis daripada Alex dan Brittany.

Buku terakhir yang saya baca, Rules of Attraction memperoleh penilaian yang paling tinggi dari saya. Saya bersemangat membaca buku ini karena sudah terlebih dulu menonton book trailer-nya dan kontan jatuh cinta kepada Giancarlo Vidrio a.k.a. Carlos Fuentes. Pada akhirnya saya memang paling menyukai cerita Rules of Attraction daripada kedua buku yang lain. Saya selalu menyukai love and hate relationship antara bad playboy dan nerd cutie seperti Carlos & Kiara. Mengingatkan saya kepada Sebastian St. Vincent & Evangeline Jenner di Devil in Winter.

Dari segi cerita, mungkin konfliknya kurang kompleks kalau dinilai dari sudut pandang perempuan twenty-something seperti saya. Tapi tetap cukup layak baca, kok. Lagipula setidaknya bisa menambah sedikit perbendaharaan kata dalam bahasa Spanyol. Sekarang selain si dan loco. Meskipun nggak banyak-banyak juga. Masih berputar di kata-kata sederhana seperti mi’ama, mi chava, pendejo, dan chica.

Trivia

Sekadar informasi, Alexander F. Rodriguez, pemeran Alex Fuentes dalam book trailer Perfect Chemistry pernah tampil sebagai mempelai pria di MV Hot & Cold milik Katy Perry. Alexander yang juga dipanggil dengan nickname Alex ini adalah salah satu teman lama Katy.

Sementara Krislian Rodriguez adalah model latin pertama yang berhasil menjadi kontestan di America’s Next Top Model.

Advertisements

5 comments

  1. Reviewnya kereennn…

    Jadi penasaran pengen baca. Padahal ebooknya udah cukup lama disimpen. Gak minat baca karena banyak yang bilang gak bagus.

    Salam kenal sesama anak BBI… ^⌣^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.