Kekasih Gelap

Judul: Kekasih Gelap
Penulis: Sanie B Kuncoro
Penerbit: C | Publishing (Bentang Pustaka)
Tahun Penerbitan: 2008
Genre: romance, drama

Buku ini terdiri dari dua cerita yang berjudul Jalan Sunyi dan Kekasih Gelap.

Jalan Sunyi

Jalan Sunyi menceritakan kisah Puan, seorang gadis metropolitan yang mengalami pre-wedding syndrome (ini istilahku sendiri). Stres menjelang pernikahan membuatnya ragu-ragu untuk melanjutkan hubungan yang sudah dibina dengan kekasihnya, Limar. Mendadak ia melihat begitu banyaknya perbedaan antara dirinya dan Limar. Untuk menenangkan diri, Puan memutuskan pergi ke Batu Bumi untuk melukis. Di desa itu ia bertemu dengan Darga, arsitek bergaya nyentrik yang mengingatkannya kepada aktor Lee Jung Jae. Mereka sama-sama mencintai seni dan karenanya menjadi dekat. Bisa ditebak, perasaan keduanya perlahan berkembang menjadi cinta. Tapi Puan tak yakin ia siap mengingkari janjinya untuk menikah dengan Limar.

Kekasih Gelap

Bercerita tentang Senja, gadis yang terjebak dalam hubungan dengan lelaki beristri, Ruben. Senja menderita karena posisinya sebagai wanita kedua di hati Ruben dan ia tahu apa yang dilakukannya salah. Tapi ia tak mampu menghentikan cintanya kepada Ruben.

Suatu hari Ruben mengajak Senja untuk berlayar bersama dengan istrinya, Aline ke Melaka dan Lengkawi. Diajaknya juga seorang temannya yang bernama Benteng untuk berpura-pura menjadi tunangan Senja.

Pertemuan Senja dan Benteng berawal buruk. Benteng hanya menyetujui gagasan menjadi kekasih pura-pura Senja karena ia berhutang sejumlah uang kepada Ruben, sedangkan Senja merasa tersinggung karena Benteng mempertanyakan keputusan bodohnya untuk menyetujui ide gila Ruben.

Lambat laun keduanya berteman. Kebersamaan dengan Benteng membuat Senja perlahan-lahan mempertanyakan hubungan tak berujungnya dengan Ruben. Hatinya semakin ragu saat dilihatnya kedekatan Ruben dan istrinya, Aline yang sedang hamil selama pelayaran. Di sinilah Senja harus memutuskan ke mana ia akan melangkah.

2 Poin Untuk:

check signGood Story/Idea

check signGood writing style

cross signWell-developed characters

cross signAdditional information/message

My Interest Level

heart rate42

Dua cerita dalam buku ini terbilang singkat, namun manis dengan penuturannya yang cenderung sedih. Cerita pertama, Jalan Sunyi berakhir dengan twisted ending yang membuat gemas tapi juga cukup puas. Diceritakan dari sudut pandang orang ketiga, tapi di bab terakhir diceritakan dengan sudut pandang ketiga tokoh sekaligus, Puan, Darga, dan Limar.

Kisah yang paling menarik bagiku tentu saja Kekasih Gelap. Pada bagian-bagian awal, ketika Ruben mengeluhkan istrinya yang cerewet dan mengatakan kalau ia menemukan kebahagiaannya pada Senja, reaksiku mungkin sama dengan kebanyakan orang. ‘Alasan klise pria tukang selingkuh’ dan ‘perempuan bodoh yang begitu mudahnya terperdaya’. Tapi entah kenapa lama-lama aku jadi sedikit bersimpati pada Senja. Ia menyebut cintanya pada Ruben seperti candu, sesuatu yang salah dan begitu sekali dicoba akan membuat seseorang terjebak di dalamnya. Dan proses kecanduannya mengalir begitu saja seperti air, sampai Senja tak sadar kalau ia sudah hanyut terbawa arus.

Aku senang membaca interaksi Senja dan Benteng, yang dalam setiap adegan membuka selapis demi selapis kesadaran Senja. Mungkin akhir cerita yang cuma berlangsung selama empat hari pelayaran ini mudah ditebak oleh siapa saja, tapi yah bisa kukatakan itu adalah akhir yang manis dan sudah sepantasnya bagi semua tokoh.

Oiya, dalam buku ini ada kalimat yang diucapkan Puteri Diana saat diwawancarai soal perceraiannya dengan Pangeran Charles.

“There were three of us in this marriage. It was a bit crowded.”

Aku tak pernah lupa kalimat ini, yang dikatakan sang puteri dengan senyum getir dan suara bergetar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.