[World of Fairy Tales 1] 30 Tumbuhan dan bunga dalam kisah-kisah dongeng

Saya kepingin bikin postingan tematis sejak Maret lalu, tapi sampai awal Mei begini malah belum kesampaian. Karena sekarang saya ada waktu dan niat, meskipun batal dibikin tematis bulanan tetap saya tulis sebagai postingan berseri. Dan sebenarnya sudah dibikin ‘pemanasannya’ juga dengan ulasan Fairy Tales Series-nya Eloisa James.
Di postingan kali ini saya ingin membahas satu hal yang hampir selalu ada di dongeng-dongeng, tetapi seolah dianggap kurang penting. Seperti diketahui bersama, dongeng sering melibatkan sihir, kerajaan, dan terutama kebajikan melawan kejahatan. Tak jarang disertai satwa-satwa ajaib macam kucing bersepatu yang bisa bicara, keong mas, putri duyung yang hibrida manusia-ikan, dan putri angsa. Untuk dongeng berbentuk fabel, bisa dipastikan seluruh tokohnya adalah binatang. Binatang-binatang yang berbeda spesies tetapi entah bagaimana bisa berkomunikasi dengan bahasa yang sama 🙂
Tetapi sebenarnya masih ada satu elemen lagi yang jarang dibahas tuntas, yaitu tumbuhan. Tumbuhan biasa maupun ajaib. Sebenarnya cukup banyak dongeng yang elemen kuncinya adalah tanaman. Misalnya Rapunzel dan Jack & Kacang Ajaib. Biasanya tanaman-tanaman ini adalah perlambang kondisi yang tengah dialami si tokoh utama atau menyiratkan pesan moral yang harus ditangkap pembaca.

1. Mawar

Bellle (Emma Watson) mengamati mawar kutukan The Beast. Photo credit: Disney

Tampaknya mawar adalah bunga yang paling populer dan diagung-agungkan, bahkan dalam dongeng. Bunga ini dianggap sebagai simbol untuk banyak hal, mulai dari cinta, keindahan, keagungan, pengetahuan, sensualitas, hingga harapan.

Cukup banyak dongeng yang mengikutsertakan bunga mawar, entah itu sebagai objek maupun sebagai nama salah satu tokohnya. Misalnya saja Briar Rose (Sleeping Beauty versi Grimm Brothers), Snow White & Rose Red, dan Beauty & The Beast.

Bunga mawar juga kerap ditemui dalam dongeng-dongen Hans Christian Andersen, antara lain The World’s Most Beautiful Rose, Little Ida’s Flowers, dan A Rose from Horner’s Grave. Dalam cerita-cerita Andersen, tampaknya mawar lebih banyak merepresentasikan kelas sosial.

2. Rampion

Campanula rapunculus.. Strictly Medicinal Seeds

Rampion paling identik dengan Rapunzel. Sayuran yang jadi awal penderitaan Rapunzel ini tak ada di Asia Tenggara. Jadi sulit bagi kita untuk membayangkan seperti apa bentuknya. Para profesor yang menganalisis dongeng pun tak bisa memastikan tanaman mana yang disebut Rapunzel oleh Grimm Brothers.

Kemungkinan besar Rapunzel yang dimaksud dalam dongeng adalah Campanula rapunculus yang juga dikenal dengan nama raponzola atau rapunzel glockenblume. Daunnya biasa dijadikan salad atau dimasak seperti bayam. Sementara akarnya disantap seperti lobak.

3. Padi

Dewi Sri, dewi padi dan pertanian. Photohe Broom Closet
Dewi Sri, dewi padi dan pertanian. Photo credit: The Broom Closet

Sebagai makanan pokok di Asia, tentunya tak mengherankan jika tanaman ini punya cerita sendiri. Adalah Dewi Sri, putri cantik yang berubah menjadi padi untuk menghidupi umat manusia. Sang dewi juga dipuja sebagai dewi pertanian di Asia Tenggara dan India.

4. Apel

Ilustrasi apel beracun. Photo credit: Flickr
Ilustrasi apel beracun. Photo credit: Flickr

Di mana lagi ada apel beracun kalau bukan di Snow White? Menurut versi Disney, sang ratu jahat cuma sekali turun tangan untuk menyingkirkan Snow. Caranya dengan menyamar menjadi nenek tua penjual apel. Tetapi versi Grimm menyebut sang ratu beberapa kali mencoba menyingkirkan Snow dalam wujud nenek-nenek. Salah satunya dengan renda yang dia jerat ke leher Snow. Mungkin bagian-bagian ini sengaja dihilangkan oleh Disney karena dianggap terlalu kejam.

5. Semak berduri

Ilustrasi semak berduri dalam Maleficent. Photo credit: Disney
Ilustrasi semak berduri dalam Maleficent. Photo credit: Disney

Semak raksasa berduri bisa kita temui dalam dongeng Sleeping Beauty. Tumbuhan ini diciptakan melalui sihir Maleficent untuk mengisolasi kerajaan Putri Aurora.

Dalam Rapunzel versi Grimm, Pangeran jatuh dari menara dan matanya buta karena tertusuk semak berduri. Namun kebutaan ini tersembuhkan oleh tetesan air mata Rapunzel. Dan saat itu Rapunzel sudah melahirkan anak sang pangeran. Anak yang mereka bikin setiap Pangeran diselundupkan ke menara Dame Gothel. Ah, dongeng ini benar-benar nggak ada innocent-nya.

6. Peony

Ilustrasi Botan Hime. Photo credit: Sacred-texts.com
Ilustrasi Botan Hime. Photo credit: Sacred-texts.com

Sebuah dongeng di Jepang menceritakan tentang seorang putri daimyo, Aya Hime yang jatuh cinta kepada roh bunga peony. Ceritanya cukup tragis, khas dongeng-dongeng kuno dari negeri sakura. Silakan simak cerita lengkapnya di sini.

7. Kacang polong

Ilustrasi kacang polong. Photo credit: Amazon
Ilustrasi kacang polong. Photo credit: Amazon

Kacang polong menjadi penentu kesejatian seorang putri misterius dalam Princess and The Pea. Dongeng ini sudah pernah saya singgung dalam ulasan The Duke Is Mine (Eloisa James’ Fairy Tales #3).

8. Sulur kacang raksasa

Ilustrasi sulur kacang di Jack The Giant Slayer. Photo credit: Warner Bros Pictures
Ilustrasi sulur kacang di Jack The Giant Slayer. Photo credit: Warner Bros Pictures

Biji kacang yang tumbuh menjadi tanaman raksasa, menyulur hingga ke negeri para raksasa di atas awan. Tentunya cerita ini sudah tak asing lagi. Tampaknya Jack & The Beanstalk memang termasuk salah satu tanaman paling populer dan sering disebut dalam budaya populer.

9. Labu

Ilustrasi kereta labu Cinderella. Photo credit: Hallmark
Ilustrasi kereta labu Cinderella. Photo credit: Hallmark

Harus ada ibu peri, sepatu kaca, dan sebuah labu agar Cinderella bisa pergi ke pesta. Labu yang nantinya disulap menjadi kereta kencana indah.

10. Bawang merah

Ilustrasi bawang merah. Photo credit: iStock
Ilustrasi bawang merah. Photo credit: iStock

Selain Bawang Merah dan Bawang Putih, sayangnya saya tidak bisa menemukan dongeng lain yang menggunakan tanaman umbi ini. Alasan di balik penamaan yang ganjil ini pun tidak dijelaskan di dalam cerita.

11. Kemuning

Bunga kemuning. Photo credit: Petals and Wings
Bunga kemuning. Photo credit: Petals and Wings

Bunga mungil dengan aroma harum ini memiliki nama latin Murraya paniculata dan kerap disebut orange jessamine di luar. Di sini lebih akrab dengan nama kemuning.

Menurut sebuah legenda Jawa, bunga kemuning tumbuh dari jasad seorang putri berhati emas yang dibunuh oleh kakak-kakaknya. Cerita yang cukup sadis.

12. Lobak raksasa

Ilustrasi lobak raksasa. Photo credit: Pinterest/AAA
Ilustrasi lobak raksasa. Photo credit: Pinterest/AAA

Dongeng pertama yang berkaitan dengan lobak raksasa adalah The Turnip dari Grimm. Bercerita tentang dua saudara, si miskin dan si kaya yang mencoba mengambil hati raja. Si miskin memberikan lobak raksasa hasil taninya dan diberi imbalan harta berlimpah. Sementara si kaya yang sudah memberikan segalanya justru cuma diberi lobak raksasa pemberian saudaranya. Rasa iri membuat si kaya memerintahkan sekelompok bandit untuk membunuh saudaranya.

Cerita kedua adalah Lobak Raksasa yang berasal dari Rusia. Dongeng ini menyuguhkan pesan moral tentang gotong royong yang dibalut dalam cerita upaya satu keluarga petani untuk mencabut lobak raksasa dari tanah. Dongengnya diceritakan ala pantun dengan para tokoh yang namanya berima, yaitu repka (lobak) – dedka (kakek) – babka (nenek) – vnuchka (cucu perempuan) – zhuchka (anjing betina) – koshka (kucing betina) – myshka (tikus betina).

13. Teratai Merah

Ilustrasi lotus merah. Photo credit: Amazon
Ilustrasi lotus merah. Photo credit: Amazon

Teratai merah adalah nama salah satu tokoh utama dalam cerita rakya Kisah Janghwa dan Hongryeon dari era Joseon. Menceritakan Janghwa (bunga mawar) dan Hongryeon (teratai merah) yang dizalimi ibu tiri mereka sampai tewas dan jadi hantu.

Meskipun ceritanya suram, dongeng ini memiliki akhir yang cukup memuaskan. Sudah pernah dibikin loose adaptation-nya dengan judul A Tale of Two Sisters. Dan A Tale of Two Sisters ini juga sudah di-remake Hollywood dengan judul The Uninvited.

14. Sanjeevani Booti

Ilustrasi Hanuman membawa Sanjeevani Booti. Photo credit: HanumanWallpapers
Ilustrasi Hanuman membawa Sanjeevani Booti. Photo credit: HanumanWallpapers

Apa itu sanjeevani boti? Ini adalah herba ajaib yang diambilkan oleh Hanuman dari Gunung Dronagiri untuk menyembuhkan Lakshmana.

Sampai sekarang belum berhasil diketahui seperti apa bentuknya. Tak sedikit yang percaya kalau tanaman mistis ini benar-benar ada. Pemerintah Uttarakhand, India bahkan sampai menggelontorkan dana yang jumlahnya tak main-main untuk upaya menemukan sanjeevani.

15. Timun mas

My Teaching Record. Photo credit: My Teaching Record
My Teaching Record. Photo credit: My Teaching Record

Satu dongeng yang cukup populer dari Tanah Jawa. Menceritakan seorang gadis cantik yang lahir dari sebuah timun mas.

16. Bambu

Ilustrasi kelahiran Putri Kaguya. Photo credit: Studio Ghibli
Ilustrasi kelahiran Putri Kaguya. Photo credit: Studio Ghibli

Masih dari dongeng Timun Mas, kita bisa menemukan hutan bambu dalam salah satu adegan. Tanaman bambu berasal dari jarum-jarum gaib pemberian ibunya untuk melawan raksasa. Selain jarum, Mbok Srini (atau Mbok Randha Dhadhapan dalam versi lain) membekali Timun Mas dengan sejumput garam, biji mentimun, dan secuil terasi.

Dalam dongeng Putri Kaguya, tanaman bambu memegang peranan yang jauh lebih penting. Si Kakek berprofesi sebagai pencari bambu dan Putri Kaguya yang adalah putri bulan lahir dari bambu yang dipotong di tengah hutan.

17. Bakung

Ladang lili di Pulau Iejima, Okinawa. Photo credit: Okinawanderer
Ladang lili di Pulau Iejima, Okinawa. Photo credit: Okinawanderer

Bunga bakung atau Lily disebutkan dalam Beauty and The Beast versi Grimm, yaitu Lily and The Lion. Tampaknya dari sinilah Disney mengadopsi sosok Beast yang menyerupai singa. Karena di buku-buku lain yang saya baca biasanya Beast digambarkan seperti monster atau babi hutan.

Ada juga dongeng The Green Snake and the Beautiful Lily karya Johann Wolfgang von Goethe yang dipublikasikan pada tahun 1795.

18. Jamur

Jamur raksasa di film Alice In Wonderland. Photo credit: Disney
Jamur raksasa di film Alice In Wonderland. Photo credit: Disney

Memang sulit mencari dongeng yang menyebutkan jamur secara spesifik. Dan meskipun tidak termasuk kategori tanaman, fungi bisa kita temui dalam berbagai animasi, game, dan film fantasi. Sebut saja Alice in Wonderland, Smurf, Mario Bros, Barbie Fairytopia, Tinkerbell, dan Snow White. Jenis jamur yang paling sering muncul? Tentu saja Amanita Muscaria dengan payung merah dan bintik-bintik putihnya itu.

19. Ash

Ilustrasi Ask & Embla. Photo credit: Unknown
Ilustrasi Ask & Embla. Photo credit: Unknown

Pohon ash memegang peranan penting dalam mitologi Norse. Manuskrip kuno menyebut manusia pertama di muka bumi alias Middgard diciptakan oleh Odin dari batang Ask dan Embla. Ask, si Adam diyakini sebagai pohon ash. Sementara asal-usul nama Embla masih menjadi spekulasi. Ada kemungkinan tanaman yang dimaksud adalah pohon elm.

20. Adonis

Bunga adonis merah. Photo credit: Pinterest
Bunga adonis merah. Photo credit: Pinterest

Asal-usul bunga adonis disebutkan dalam mitologi Yunani. Konon bunga ini dulunya adalah seorang pemuda yang begitu tampan hingga menjadi rebutan antara Aphrodite dan Persephone. Adonis mati di pelukan Aphrodite. Darahnya berpadu dengan air mata sang dewi cinta dan berubah menjadi bunga.

Dulu ada festival Adonia yang dirayakan untuk memperingati kematian Adonis. Pada saat perayaan berlangsung, para wanita akan menanam adonis dan meletakkannya di atas rumah.

21. Sakura

Bunga Sakura
Bunga Sakura. Photo credit: jw-webmagazine.com

Sebagai salah satu tanaman yang paling diagungkan di Jepang, tentu tak mengherankan kalau setidaknya ada satu atau dua dongeng dari negeri matahari terbit yang melibatkan sakura. Salah satunya adalah Sakura-ko, dongeng gadis penari dari Yedo.

Juga sebuah dongeng aneh tentang seorang tuan tanah yang kepalanya ditumbuuhi pohon sakura dan akhirnya berubah menjadi kolam ikan. Tidak percaya cerita seperti ini beneran ada? Silakan baca sendiri di sini, ya.

22. Narcissus

Lukisan Echo & Narcissus oleh John William Waterhouse
Lukisan Echo & Narcissus oleh John William Waterhouse

Dongeng tentang Narcissus, pria narsis pertama di muka bumi terikat dengan asal-usul gema atau Echo. Tentang seorang pemuda yang begitu terobsesi dengan ketampanannya hingga lupa makan, lupa tidur dan lalu mati di pinggir sungai. Berubah menjadi bunga cantik yang tumbuh di dekat perairan. Sementara peri yang jatuh cinta kepadanya berubah menjadi gema yang selalu mengulangi kata-kata manusia.

23. Zinnia

Bunga zinnia. Photo credit: Pixabay
Bunga zinnia. Photo credit: Pixabay

Sebenarnya zinnia adalah genus. Spesies yang bisa ditemui di Indonesia adalah Zinnia elegans Jacq alias kembang kertas.

Ada satu dongeng dari Korea yang menceritakan asal-usul bunga ini. Konon ada seorang wanita yang menanti kepulangan kekasihnya sampai meninggal. Di atas tempatnya berdiri selama berhari-hari tumbuh sebatag zinnia yang cantik.

24. Kentang

Tumbuhan dan bunga kentang. Photo credit: Pixabay
Tumbuhan dan bunga kentang. Photo credit: Pixabay

Sepertinya saya cukup sering membaca cerita yang berkaitan dengan sup kentang, tetapi saya tidak bisa menyebutkan dongeng mana yang menggunakan tanaman ini sebagai unsur cerita. Dongeng yang berhasil saya temukan cuma Stone Potatoes dari Jepang dan novel The Camellias yang plot-nya diambil drama Korea Selatan, The Greatest Love. Tetapi yang terakhir ini tidak cukup lawas untuk dikategorikan dengan cerita-cerita lain yang saya sebut dalam postingan ini.

25. Aster

Bunga daisy putih. Photo credit: Pixabay
Bunga daisy putih. Photo credit: Pixabay

Bunga daisy atau aster juga disebutkan dalam dongeng The Daisy karya Hans Christian Andersen.

26. Persik

Ilustrasi Momotaro. Haikugirl's Japan
Ilustrasi Momotaro. Haikugirl’s Japan

Persik atau momo merupakan unsur penting dalam Momotaro, Timun Mas versi Jepang. Ceritanya nyaris sama persis.

27. Pir

Ilustrasi pohon pir. Photo credit: Ison's Nursery & Vineyard
Ilustrasi pohon pir. Photo credit: Ison’s Nursery & Vineyard

Buah dan bunga pir cukup sering ditemui dalam dongeng-dongeng China, antara lain Flower Dragon dan kisah biksu tua dan pohon pir ajaib yang digunakannya untuk memberi pelajaran kepada seorang pria bakhil.

28. Tulip

Bunga tulip. Photo credit: Pixabay
Bunga tulip. Photo credit: Pixabay

Dalam cerita Thumbelina disebutkan kalau gadis cilik itu lahir dari biji barley yang tumbuh menjadi bunga tulip. Juga ada kisah peri-peri tulip dari Hans Christian Andersen.

29. Anggur

Tanaman dan buah anggur. Photo credit: Pixabay
Tanaman dan buah anggur. Photo credit: Pixabay

Ada sebuah fabel singkat dari Aesop yang menceritakan tentang seekor rubah dan segerombol anggur incarannya. Karena tak mampu menggapai anggur itu, rubah menyerah dan meyakini kalau anggur itu kecut. Pesan moralnya cukup jelas, manusia kerap menghina hal-hal yang tak bisa mereka miliki. Iri tanda tak mampu.

30. Carnation

Ilustrasi bunga carnation. Photo credit: Pinterest
Ilustrasi bunga carnation. Photo credit: Pinterest

Meskipun relatif kurang populer jika dibandingkan dengan mawar, bunga carnation juga sering disebutkan dalam dongeng, mitos, atau cerita rakyat.

Dalam salah satu legenda, disebutkan carnation tumbuh dari air mata Perawan Maria yang bersedih menyaksikan Yesus disalib. Sementara mitologi Yunani menyebutkan kalau carnation merah berasal dari darah seorang penggembala yang matanya dicongkel oleh Diana, sang dewi perburuan.

Grimm juga punya dongeng berjudul The Pink atau Carnation. Ceritanya cukup muram seperti ciri khas cerita tulisan kedua saudara ini.

Itulah beberapa jenis tanaman yang muncul dalam dongeng. Kalian sudah kenal dengan semua dongeng yang saya sebut tadi? Saya sendiri baru mengetahui separuhnya. Sisanya baru baca gara-gara browsing buat postingan ini.

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.