[Review Buku] Seiho Boys’ High School! Manga, Komedi Segar tentang Siswa-Siswa di Sekolah Alcatraz

Seiho Boys' High School. Photo: Tantri Setyorini

Judul: Seiho Boys’ High School
Judul asli: Men’s Kou
Penulis: Izumi Kaneyoshi
Bahasa: Indonesia
Format: paperback
Penerbit: m&c (2007)
Genre: shoujo, drama, komedi, roman, fiksi

Cerita

“Selamat datang di asrama Seiho, SMA swasta khusus pria.

Ada 312 anak lelaki yang menghuni tempat ini. Gedung sekolah dan asrama berusia 35 tahun. Jaraknya dari pantai hanya 5 menit. Untuk transportasi utama, dari stasiun terdekat membutuhkan waktu 50 menit dengan mobil. Ada kapal feri yang datang sehari 2 kali. Hampir tidak mungkin meninggalkan tempat ini dengan berjalan kaki.

Sekolah kami disebut Alcatraz oleh siswa-siswanya.

Tempat ini adalah asrama pria yang akan membuat bunga menjadi kering.”

-Chikara Maki, siswa kelas 1-

Di sekolah swasta elite yang bagaikan penjara itu, Maki, Rui, Nogami, Hanai, dan Genda menjalani hari-hari konyol yang penuh canda dan tawa. Tetapi satu hal yang jadi masalah utama cowok-cowok keren dan pintar ini, bagaimana caranya mereka bisa mendapat pacar di sarang pria beraroma apak ini?

Bagaimana juga nasib Hanai yang seorang cowok feminin dan Momoi yang anti-manusia?

4 Points for:

Story

Setting

Characterization

Writing style

Moral/interesting trivia

 

Level of Interest

Review

Di SMA yang berjuluk Alcatraz, bagaimana seorang pemuda bisa menemukan cinta?

Kalimat di atas sebenarnya sudah cukup untuk merangkum keseluruhan cerita Seiho Boys’ High School. Soalnya kerjaan cowok-cowok di sekolah ini kalau nggak belajar, main, makan, ya membicarakan perempuan seperti psikopat mesum. Tetapi mesumnya mereka justru bikin ketawa bercampur kasihan. Maki dan teman-temannya ini benar-benar bodoh dalam urusan lawan jenis.

Satu set manga ini merupakan hibah dari Shinta Wahyu Diana sebelum pindah dari Malang. Saya pikir ceritanya memang sangat sesuai selera Mba Shin, dan untungnya saya juga suka.

Seiho Boys’ High School penuh dengan bromance. Ada banyak bromance pairing yang bisa jadi fans service buat para pembaca wanita. Pantas kalau manga yang tokoh utamanya cowok semua ini dikategorikan shoujo.

Seiho Boys' High School. Photo: VIZ Media/Shojo Beat
Nogami, Maki, Hanai, dan Kamiki, Seiho Boys’ High School. Photo: VIZ Media/Shojo Beat

Tokoh utama dan narator cerita ini adalah Maki, seorang cowok imut yang cepat naik darah tapi juga nggak tegaan. Cerita asmaranya cukup mengharukan. Setelah ditinggal mati oleh kekasihnya di SMP, Maki jadi murung meskipun di luar dia selalu berusaha terlihat ceria. Hubungannya dengan Erika Takano yang galak juga kurang lancar.

Tokoh utama kedua adalah Kamiki, cowok ganteng level AAA. Hampir semua siswa Seiho punya semacam boy crush terhadap Kamiki. Meskipun luar biasa populer, Kamiki punya sensitivitas nol terhadap lawan jenis. Sama sekali tidak peka, kecuali terhadap binatang. Dia harus mengubur cintanya kepada sang kakak tiri, karena tidak ingin membuat hubungan keluarga menjadi rumit. Kamiki ditaksir oleh Fuyuka Miyaji, siswi sekolah putri di seberang pulau yang sebenarnya tidak cantik atau feminin, tapi berhati baik dan apa adanya. Cewek ini berteman akrab dengan Maki dan teman-temannya. Tak hanya membuat teman-teman Kamiki bersimpati, perlahan tapi pasti dia juga membuat hati Kamiki juga tersentuh. Saya rasa kegigihan dan sifat lucu Miyaji menjadikannya tokoh wanita paling menarik di cerita ini.

Kamiki dan Miyaji, Seiho Boys' High School. Photo: VIZ Media/Shojo Beat
Kamiki dan Miyaji, Seiho Boys’ High School. Photo: VIZ Media/Shojo Beat

Nogami adalah pemuda berkacamata yang blak-blakan cenderung kasar, level sensitivitasnya bahkan lebih rendah daripada Kamiki, dan mesumnya melebihi Maki. Meskipun begitu dia adalah pemuda yang rajin dan tahu tanggung jawab. Pacarnya adalah Bu Fukuhara, guru kesehatan sekolah yang sepuluh tahun lebih tua darinya. Pasangan ini selalu bertengkar karena perbedaan sifat, umur, dan komunikasi yang kacau balau. Tapi Nogami benar-benar menyayanginya dan berusaha agar kekasihnya itu tidak minder saat bersamanya. Kisah cinta mereka berdua termasuk romance yang paling menyentuh dalam Seiho Boys’ High School.

Ada juga Genda yang tinggi, pendiam, dan selalu kikuk kalau berhadapan dengan wanita. Bintang olahraga sekolah ini diputuskan pacarnya sejak SMP gara-gara tidak pernah buka mulut, apa lagi mengeluarkan kata-kata romantis. “Kamu itu seperti tembok. Besar, pendiam.” Dalam urusan bromance dia kerap dipasangkan dengan Kamiki atau Maki. Tapi kisah cintanya sendiri dengan siswi SMA putri yang mungil juga mengharukan.

Seiho Boys' High School. Photo: VIZ Media/Shojo Beat
Hanai, Maki, Nogami, Kamiki, dan Genda. Seiho Boys’ High School. Photo: VIZ Media/Shojo Beat

Hanai adalah seorang cowok feminin dan gay. Walaupun begitu teman-teman sekolahnya tidak merasa risih. Mereka semua bisa bergaul dengan akrab, bahkan sering meminta nasihat Hanai soal perempuan. Hanai menutupi jati dirinya sebelum masuk SMA, jadi dia sulit berterus terang kepada pacarnya yang berpikir dia adalah cowok macho.

Intinya Seiho Boys’ High School adalah manga shoujo yang ringan dan bakal memuaskan para pembaca wanita dengan guyonan-guyonan segar dan kisah cinta yang mengharukan. Membaca judul ini membuat saya menghela napas dan kepingin bergumam, “Masa muda memang menyenangkan.”

Cerita bonus yang diselipkan di volume terakhir juga bagus, kok, meskipun ceritanya jauh lebih gelap dan dewasa daripada Seiho Boys’ sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.