The Book of Scandal (Scandalous Series #1)

Book of scandal

Judul: The Book of Scandal
Pengarang: Julia London
Tahun Penerbitan: 2009 (Inggris), 2011 (Indonesia)
Penerbit: Pocket Books (Inggris), Oak Tree (Indonesia)

Genre: historical romance
Latar Tempat: Eastchurch (Inggris), London (Inggris)
Latar Waktu: 1806

Cerita

Di London tengah beredar kabar bahwa Princess of Wales akan membocorkan daftar skandal sang suami dan teman-teman terdekatnya. Nathan Grey, Earl of Lindsey tak pernah peduli meskipun namanya diliputi berbagai skandal. Tapi Nathan tak bisa lagi acuh saat mendengar desas-desus nama istrinya, Evelyn akan disebut dalam daftar itu. Nathan harus memulihkan nama baik Lindsey dan mencegah Evelyn dihukum sebagai pengkhianat. Tapi istrinya itu menemuinya pun tak sudi. Karena itu ia tak punya pilihan selain membawa pulang Evelyn dengan paksaan. Evelyn tak ingin hidup bersama Nathan lagi, karena pria itu telah menghancurkan hatinya berikut pernikahan mereka. Tapi kebersamaan mereka di Eastchurch, selain membawa kembali kenangan buruk, ternyata juga menghidupkan lagi cinta di antara keduanya.

Para Tokoh

Nathan Grey, Earl of Lindsey

Pria yang diam-diam menekuni ilmu botani ini dijuluki Libertine of Lindsey karena gaya hidupnya yang bebas. Perilaku Nathan semakin buruk sejak anak-istrinya meninggalkannya.

Evelyn Grey, Countess of Lindsey

Kehilangan anaknya yang masih bayi membuat Evelyn yang tadinya naif berubah. Karena persahabatannya dengan Princess Mary, Evelyn jadi sering berada dalam lingkar pergaulan George, Prince of Wales dan akhirnya ikut terseret skandal yang dituduhkan kepada sang pangeran.

1 Poin Untuk:

cross signGood Story/Idea

cross signGood writing style

cross signWell-developed characters

check signAdditional information/message

My Interest Level

heart rate32

Love, Loss, & Marriage

Ini adalah kisah tentang pernikahan yang bermula dari perjodohan, hal yang wajar bagi kalangan ton Inggris pada masa itu. Tapi tak seperti kebanyakan pernikahan bangsawan, dalam pernikahan itu tumbuh cinta yang tulus. Lalu terjadilah tragedi yang berturut-turut menimbulkan kesalahpahaman, kebencian, dan pada akhirnya membuat pernikahan itu hancur. Lalu karena kondisi tertentu pernikahan tersebut terpaksa dibangun kembali dan melalui prosesnya segala perbedaan di masa lalu mulai teratasi.

Ide cerita seperti ini memang sudah biasa dalam novel-novel historical romance. Aku sudah pernah menemui pola cerita ini pada buku-buku Sherry Thomas, Eloisa James, Johanna Lindsey, Stephanie Laurens, dan entah siapa lagi. Mungkin karena itulah aku merasa sedikit jenuh saat membacanya. Apalagi kesalahpahaman di antara Nathan dan Evelyn yang berlarut-larut, juga ‘perselingkuhan’ yang membuatku kurang bersimpati kepada keduanya.

Tapi simpatiku mulai tumbuh saat membaca tentang Evie yang selalu terkenang mendiang anaknya, juga bagaimana Nathan menghadapi kehilangan putera mereka. Dari sana jadi bisa dimaklumi mengapa pernikahan mereka bisa hancur dengan mudahnya hanya karena kesalahpahaman konyol.

George, The Famous Prince of Wales

04prince-regentLagi-lagi novel historical romance yang bersetting jaman Prince George Augustus aka Prince Regent aka Prinny aka George IV. Kali ini bukan pada era regency, karena saat cerita Book of Scandal berlangsung, George masih belum menggantikan ayahnya yang kelak mengalami gangguan jiwa sehingga tak dapat memimpin kerajaan. Ini adalah periode ketika George berusaha mengajukan perceraian di hadapan parlemen, konon untuk dapat melegalkan hubungannya dengan Maria Fitzherbert. Nantinya usaha ini akan gagal. Saat diangkat menjadi raja, George mencoba lagi untuk membatalkan pernikahannya dengan Princess Caroline of Brunswick, tapi sekali lagi gagal. Pasangan ini tak pernah bercerai, meskipun George tak pernah mengakui Caroline sebagai ratunya.

Seperti yang selalu digambarkan dalam novel-novel, George adalah pangeran yang malas, suka berhura-hura, dan mempunyai banyak simpanan serta beberapa anak haram. Kisah tentang anak-anak di luar pernikahan George ini juga menjadi ide cerita dalam serial Royal Brotherhood-nya Sabrina Jeffries.

About Highland Scandal (Scandalous Series #2)

Di bagian belakang buku ini ada excerpt untuk Scandalous Series #2, Highland Scandal. Bersetting Skotlandia, menceritakan tentang Jack Haines, Lord Lambourne, sahabat Highland ScandalNathan yang melarikan diri karena dituduh memiliki skandal dengan Princess Caroline. Karena suatu masalah, Jack terpaksa melakukan kawin kontrak selama setahun sehari (sesuai tradisi Skotlandia) dengan seorang gadis Skontlandia.

Tampaknya cerita ini akan lebih seru dibandingkan The Book of Scandal, dan mungkin Jack juga bakal lebih adorable dibandingkan Nathan. He’s devilishly sexy, a rogue, and..sounds so Sebastian St.Vincent. Hehehe…

One thought on “The Book of Scandal (Scandalous Series #1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.