Setiap Halaman Buku Cerita Ini Disegel Dengan Teka-teki Selevel Cryptex DaVinci Code

puzzle-book-unlock-pages-codex-silenda-brady-whitney-1
Codex Silenda

Tahun lalu saya ketemu artikel tentang buku Codex Silenda ini di Bored Panda. Kelihatannya seperti papan permainan di film Jumanji. Tapi sebenarnya ini adalah buku cerita sekigus papan teka-teki. Menurut saya buku kayak gini cocok buat koleksi atau hadiah buat orang-orang yang suka baca, apalagi orang yang suka baca dan mengoleksi buku fisik. Saya sendiri kepingin punya satu. Kesannya keren sekali, buku cerita yang tiap halamannya dikunci dengan teka-teki.

Codex Silenda terdiri dari lima halaman. Masing-masing halaman dilindungi segel yang hanya bisa dibuka jika kita tahu cara membongkarnya. Jadi untuk membaca setiap halaman sampai tamat, kita mesti putar otak berkali-kali.

Mirip cryptex di The da Vinci Code, ya? Nggak heran, sih. Soalnya buku ini memang terinspirasi cryptex yang ada di film adaptasi novelnya Dan Brown itu. Ceritanya juga berkaitan sama da Vinci, kok.

“Begitu teka-teki mulai bergerak melalui buku, cerita mulai terungkap, menggambarkan kisah pegawai magang di Da Vinci Workshop yang menemukan Codex serupa. Namun dalam cerita, Codex bertindak sebagai perangkap yang dibuat oleh Da Vinci untuk menangkap setiap mata-mata/ pegawai ingin tahu sehingga karyanya terlindungi. Satu-satunya cara untuk melarikan diri adalah untuk memecahkan setiap teka-teki sebelum sang tuan kembali dari perjalanannya.”

Teka-teki pertama disebut Mechanical Iris. Yang kedua adalah Rotating Maze. Halaman keyiga dikasih nama Geneva Gears, menggunakan sejumlah roda dengan prinsip Geneva Wheel Mechanism.

f83b74e210ab0f883e369341eb12b131_original
Mechanical Iris
b5310fc0ca70325fbd9658e7cf22e93d_original
Rotating Maze
7db3fe32b2bd122f51a0fbcdf9e6411f_original
Geneva Gears

Halaman keempat, Paradox Sliders tersusun dari 14 geretan yang ada semuanya harus diselaraskan di posisi masing-masing agar kait pengikat baut terlepas.

a89468f2ee2a005375f34eea15cb632a_original
Paradox Sliders

Halaman kelima dilindungi dengan empat kepingan bundar saling bersinggungan yang disertai kode rune. Harus memasukkan kode yang benar agar keempatnya saling terkait dan segel terbuka. Sementara halaman sisanya adalah ‘hadiah’ buat si pembaca, akhir cerita dari Codex Silenda.

cb01d7f96d58ddd36f75b085ce18b3e8_original
Cryptex Lock

Codex Silenda merupakan kreasi dari Brady Whitney dan rekannya. Dibuat sebagai proyek untuk semester akhirnya di Iowa State University.

Awalnya Codex Silenda ditawarkan sebagai proyek untuk didanai secara crowd funding di Kickstarter. Karena goal mereka sudah jauh terlampaui, dari $ 30.000 jadi $ 210.000, sekarang tier-nya sudah ditutup. Rupanya memang banyak yang berminat dengan buku ini, sama seperti saya.

Menurut sambungan saya, sih, mereka menyediakan berbagai tipe buku teka-teki dengan kesulitan berbeda. Harganya mulai dari $ 55 sampai $ 450. Mahal, ya? Tapi memang complicated gitu. Buatnya aja pakai laser cutting. Jadi, ya, cukup sepadan sama harganya. Ada juga website resminya produk ini. Tapi masih kosong dan tertera keterangan penjualan baru dilakukan pada tahun 2018. Kalau berminat dan belum ikutan pledge-nya di Kickstarter, ya, harus antre sampai tahun depan.

 

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.