[Resep dari manga] Cheese Stick ala Mari-chan dari Kocchimuite! Miiko

Kayaknya sudah cukup lama sejak terakhir kali saya posting hasil praktik resep dari manga. Setelah souffle omelette dan bread tart dari Hanamaru’s Kitchen nggak ada postingan baru lagi. Jadi sekarang waktunya penyegaran blog dengan resep masakan.

Kali ini saya mencoba membuat masakan untuk pemula dari resep super simpel di Kocchimuite! Miiko. Di Indonesia beredarnya Hai! Miiko, salah satu manga paling laris manis di toko buku.

Sekali waktu, Ono Eriko menyertakan resep-resep mudah buat para pembaca mudanya. Resepnya pun tidak sampai menghabiskan satu halaman. Satu panel saja cukup. Saya ingat beberapa resep lucu yang ada di Hai! Miiko ini, salah satunya biskuit karakter yang bisa digantungkan sebagai hiasan pohon Natal. Idenya menarik sekali, tapi saya mau praktik malah kehilangan bukunya.

Ada juga home made frozen yoghurt yang dibuat Miiko untuk berbaikan dengan with Mari-chan. Suatu saat saya pasti coba bikin.

Tapi kali ini saya masak yang paling gampang aja. Cheese stick yang dibawa Mari-chan untuk slumber party di rumah Miiko. Resepnya sangat sederhana dan katanya cuma butuh 3 menit buat memasaknya. Beneran segampang itu? Nantilah kita bahas. Sekarang pamer resepnya dulu.

3 Minutes Cheese Stick ala Mari-chan

3rd attempt: cheese stick Mari-chan dengan vietnam rice paper. Photo: Tantri Setyorini
3rd attempt: cheese stick Mari-chan dengan vietnam rice paper. Photo: Tantri Setyorini

Bahan:

  • Keju secukupnya
  • Kulit lumpia ukuran kecil secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Pelengkap:

  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk/ground pepper secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong-potong keju seukuran jari telunjuk.
  2. Bungkus potongan keju dengan kulit lumpia seperti amplop.
  3. Goreng cheese stick dengan minyak panas dan banyak sampai berubah warna keemasan.
  4. Sajikan cheese stick dengan taburan garam dan merica bubuk.

Sederhana sekali, kan resepnya. Tapi sebenarnya itu pun sudah saya modifikasi sedikit. Sepertinya resep yang asli disingkat sampai kebangetan demi menghemat space. Silakan dilihat sendiri di gambar berikut.

Resep cheese stick Mari-chan di manga Hai! Miiko. Photo: Tantri Setyorini
Resep cheese stick Mari-chan di manga Hai! Miiko. Photo: Tantri Setyorini

Meskipun resepnya sangat simpel dan diklaim cuma butuh 3 menit, nyatanya saya perlu eksperimen 3 kali untuk mendapatkan cheese stick yang oke. Percobaan pertama dengan kulit lumpia biasa, kedua dengan kulit lumpia homemade, dan ketiga dengan banh trang, rice paper yang biasa dipakai untuk vietnamese spring roll. Keseluruhan prosesnya pun memakan waktu 15-30 menit. Manasin minyaknya aja perlu 3 menit sendiri 😀

1st attempt: cheese stick Mari-chan dengan kulit lumpia. Photo: Tantri Setyorini
1st attempt: cheese stick Mari-chan dengan kulit lumpia. Photo: Tantri Setyorini
2nd attempt: cheese stick Mari-chan dengan kulit home made. Photo: Tantri Setyorini
2nd attempt: cheese stick Mari-chan dengan kulit home made. Photo: Tantri Setyorini

Berdasarkan trial and error yang sudah saya lalui, berikut ini beberapa catatan kecil yang perlu diingat agar cheese stick-nya enak dan berbentuk artistik.

Catatan:

  • Resep tidak menyebutkan jenis keju yang disarankan. Awalnya saya mencoba pakai mozzarella. Percobaan ketiga pakai mozzarella yang ditumpuk dengan keju cheddar Kraft. Ternyata hasilnya jauh lebih oke. Cheddar ikut meleleh bersama mozza dan teksturnya jadi lebih kenyal tapi nggak terlalu lembek.
  • Tekstur kulit yang paling oke adalah kulit lumpia biasa. Kulit lumpia bikinan saya sebenarnya lebih cocok untuk risol, jadinya sangat menyerap minyak dan nggak bisa renyah. Sementara rice paper Vietnam gampang menggelembung dan hasil akhirnya terlihat kurang mulus. Kalau digoreng juga meletup-letup sampai kena kulit.
  • Keju harus dilipat serapat mungkin, jangan sampai ada celah yang terbuka. Dengan begitu nggak bakal meluber saat digoreng. Seperti cheese stick percobaan pertama yang harus saya angkat dari penggorengan dengan kulit masih pucat karena kejunya sudah keburu bocor.
  • Begitu kulit sudah mengembang dan renyah, lebih baik langsung diangkat. Kalau nunggu sampai keemasan kejunya keburu bocor.
  • Karena saya orang Indonesia, rasanya paling pas kalau cheese stick disantap dengan cocolan sambal. Mayones bikin rasanya seolah berantem dengan gurih keju di dalam mulut.

Dan begitulah pengalaman saya mempraktikkan resep 3 minutes cheese stick ala Mari-Chan. Sama sekali nggak simpel ternyata.

Kapan-kapan coba lagi resep lain dari Hai! Miiko. Semoga juga kapan-kapannya nggak selama yang sudah-sudah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.